Senin, 11 Agustus 2008

Cerita Mudik 3 Hari

3 hari gak ngeblog coz ada cara keluarga,nemenin mama papa ke Madiun dateng meridnya sepupuku. Berangkat jumat jam 8 pagi...perjlanan 5 jam bener2 melelahkan. Aku bawa Rania dan Saskia, papanya gak ikut karena banyak kerjaan kantor juga. Untungnya Rania dan Saskia selama perjalanan gak rewel,malah seneng banget. Rania yang selama perjalanan gak mau bobo tapi ngoceh terus, nanya2 ke Yangtinya...secara Rania belum pernah diajak pergi jauh jadi excited banget. Saskia juga gitu duduk dikursi belakang sama aku gak mau diem tapi loncat2, guling2.

Maksudnya nemenin papa biar ada yang gantiin kalo nyetir....tp gak kayaknya papa takut kalo disupirin, katanya aku ini sopir medan ato meh edan he..he..soalnya kalo nyupir gak mau jaga jarak...mepet2,pembalap gitu looo. Ya sudah..aku duduk manis sambil jagain anak2. ALhamdulillah papa masih kuat nyetir PP Malang-Madiun,gak berhenti.

Sampe Madiun jam 11 siang, perjalanan sepi jadi cepet cuma 4 jam. Aku kaget banget lihat eyang kungku (dari mama)....terakhir aku ketemu 2 tahun lalu masih kelihatan seger,meski jalannya mulai pelan2.Tapi kemaren ketemu...wajahnya dah berubah,pendengaran mulai berkurang, jalannya juga semakin pelan..tapi beliau masih sehat dan kuat, umurnya sudah 87 tahun. Masih kuat naek sepeda motor sendiri....eyang kungku ini keras kepala banget, maunya mengatasi semua sendiri. Gak mau dibantu orang laen,kalo butuh apa2 pergi sendiri. Padahal di sekitarnya banyak yang mau bantuin...tp egonya tinggi.

Eyangkung seneng banget ketemu cicit2nya....masih mau ngajak maenan, minta ini itu masih mau ngeladenein. Rania Saskia gak nyadar kalo nih Eyang Yutnya dah tua..masih aja dikerjain minta kertas, minta bolpoin..maen dorong2an...Yangyut ya manut aja.

Sabtu pagi...dah siap-siap berangkat ke acara merid sepupuku dari pihak papa, sebelum kumpul dirumah Eyang satunya mampir dulu ke Hotel MErdeka mo ketemu ama Deesan, temen blogger Indosiar yang kebetulan juga ke Madiun acara merid temen blognya juga. Akhirnya kopdar deh sebentar...aku nitip kado buat temennya sekalian ngasih oleh2. Janjian juga ntar sore mau ketemu lagi ngobrol panjang lebar.Sorry foto aku ama Deesan gak di publish...hmm...dilarang he..he.."Dee, klo mau foto aku ama kamu, bilang ya"

Rame-rame berangkat ke merid coz gak tau jalan tempatnya jauh banget di kecamatan, keluar kota Madiun dulu lewat pedesaan,pelosok,sawah,sungai he..he...secara ini adiknya papaku pak camat jadi acara diadain di rumah dinasnya. Pffuuu...panas banget, capek...mana Rania semalem badannya panas karena kecapeken,rewel aja semalem gak bobo-bobo. Sampe pagi aku juga gak bobo cuma ngompres, elus2 perutnya...pijetin kepalanya katanya pusing. Jam 5 pagi mama papa pergi ke apotik beli obat panas...ALhmdulillah panas dah turun, mau gak ikut ke merid tp Rania ngotot pengen ikut. Ya sudah ngikut deh...

Pulang dari acara jam 2 siang...mau pulang duluan sungkan ama yang tua-tua belum mau pulang, jadi deh saling menunggu...gak tau ini yang muda dan anak2 dah bete dan bosen...Rania mulai anget lagi badannya kecapekan.Sampe rumah Eyang Kung langsung bobo siang.

Sorenya abis magrib janjian ama Deesan mo ketemuan lagi. AKu berangkat ke matahari sama Rania, Saskia tinggal dirumah ama mama dan EyangKung.Deesan nyusul ke matahari, dr situ kita jalan ke tempat oleh2, mau beli oleh2. Oleh2 gak sempat difoto ya...dah bablas dibagi2 ama mbakku,tetanggaku yang aku titipin duit arisan PKK he..he...buat mertuaku,masih ada sih buat Dian,Mey ama Raihan. Dari oleh2 meluncur ke Ayam goreng pemuda...kita bertiga mau nongkrong disitu sambil ngobrol2,curhat,interogasi, investigasi he..he...coz Deesan mau bikin cerpen kisah seseorang yang butuh beberapa info dari aku. Okelah....info lengkap dan padat.

Malemnya Rania panas lagi....gak bobo2 juga, sakit perut,jadi deh...ngompres lagi sambil elus2 perutnya.Saskia juga bobonya rewel ngringik2, kecapekan coz selama ditinggal aku pergi Saskia maen ama anak2 tetangga cowok semua, maen lari2an,narik mobil2an...duh sayang gak bisa fotoin,gak berhenti maen kalo gak ditakutin sama mama dan Yangyutnya pintu mau dikunci, baru deh mau masuk rumah. Telpon papanya di Malang kasih tau Rania sakit...yah minta doa juga. Thanx juga deh buat temen2ku yang setia 24 jam nemenin aku gak bisa bobo sambil ngelus perut Rania.



Selama di Madiun Rania Saskia seperti anak yang baru lepas dari penjara...bebas maen sama anak2 kampung. Ya gimana di Malang mamanya males keluar ngajak maen, coz cuaca malang jelek..hujan abu, angin juga, gak baek deh buat maen jadi ya maen dirumah. Begitu di Madiun bebas banget....Rania Saskia lari2an...Saskia ngrebut maenan tetangga padahal tuh cowok tp cuek aja ngrebut kayak maenannya sendiri.

Minggu pagi pulang ke Malang, papa juga yang nyetir. Diperjalanan mobil agak2 mau mogok gitu larinya gak bisa kenceng. Setelah diisi bensin di Madiun kyknya bensinnya gak beres....tapi Alhamdulillah nyampe juga di Malang. Capek banget deh... tapi puas bisa nengok Eyangku...

28 komentar:

  1. enak neh yang balik mudik penegn juga mudik neh

    BalasHapus
  2. Enak nih, yg habis mudik.. Jadi nanti pas lebaran ga perlu mudik lagi :)

    BalasHapus
  3. Wow cerita mudiknya lengkap, sayang fotonya ga lengkap hehehe. Penasaran kisah siapa yang mo dijadiin cerpen oleh Deesan, kisah Indah kah?

    BalasHapus
  4. he.he... suka dukanya jadi ibu donk... gw jdi inget ibu.. dulu gw bandel gak ya?

    BalasHapus
  5. tengkyu yaa ...
    Gmn rania udah sehat khan ?

    BalasHapus
  6. wah..ternyata baru abis jalan2 keluar kota jg mbak..lumayan lah bisa refreshing ya..he..he..mike sering ke madiun tp cuman numpang lewat aja kalo lg mo ke surabaya..:)

    BalasHapus
  7. waduh.. seru mudiknya mbak... aku mudik cuma semalam jd gak ada yg aku ceritakan hehehe...

    BalasHapus
  8. wah mudik mudik... enak nih... wah pasti bawa sekarung nih oleh2nya

    BalasHapus
  9. Wah.. seru banget kayaknya...

    Ceritanya lengkap mbak, heheee

    BalasHapus
  10. seru banget oi...
    kapan yah saya bisa liburan ??? sibuk sama urusan gawean terus

    BalasHapus
  11. Orang lansia kadang2 emang mawnya menang sendiri..dan terkadang rewel jg kayak bayi.Dulu aku punya pasien lansia,walaupun sesak nafas kena asma tp tetep jg berkebun.Walaupun dah dilarang,masih aja ngotot!
    Bulan depan aku jg maw mudik nih.. ;)

    BalasHapus
  12. wow..mudik 3 hari...enaknyaaa^^

    BalasHapus
  13. Wah enak dong mab bisa reunian sama keluarga besarnya..

    BalasHapus
  14. ooohh ini toh hasil dari ke madiun kemaren..hehehe

    BalasHapus
  15. acara begini pasti menyenangkan, sekalilgus melelahkan. anak2 yang kasihan. tapi pasti mereka juga have fun kan...

    BalasHapus
  16. kwaaaa...lha kok sama baru mudik...tapi lom sempet update....seneng ya liat anak2 main...

    BalasHapus
  17. hebat ya papa masih kuat nyetirnya..kalau bpkku gak aku bolehin walaupun beliau ngotot..tapi akhirnya mau juga nurut ma aku hehe..jahat ya aku..tapi bpkku kn asam urat jadi gak boleh klwt capek..

    rania udah sembuh blm?gengnya buanyak ya...

    BalasHapus
  18. wah.. kungnya dah tua tapi masih sehat ya.. aku dah gak punya kakek lagi neh.. dah meninggal semua.. rania sakit kecapean ya sayang yaa.. duh.. seru bener nih liburannya..

    BalasHapus
  19. kalau mudik dari Malang ke Madiun ya deket tuh, coba kalau aku nih, dari Bali ke Malang kan lumayan boyoke bisa pegel semua :-)

    Mudik memang selalu menyenagkan karena kita gak tahu apa yang akan kita alami selama perjalanan ya kan ?

    BalasHapus
  20. mudik sambil kopdar-an? seru bgt kynya hehehhee

    BalasHapus
  21. waaa mana donk oleh2nya dari madiun mbak hehehe btw si kecil udah sehat kan yah tapi:)

    BalasHapus
  22. wahh" 3 hri mudikk!!
    bagus tuh dijadiin film!!

    BalasHapus
  23. mudik juga .. oleh2 buat aku manaa ..

    BalasHapus
  24. wah senengnya bisa mudik, tar lebaran mudik lagi donk? :D

    BalasHapus
  25. Wuiiiiiiiii... seneng buangets ya bisa mudix

    BalasHapus