Rabu, 20 Agustus 2008

Menyambut Ramadhan

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang berlimpah pahala, seperti digambarkan dalam Alquran yang diturunkan sebagai pedoman bagi seluruh umat manusia, di dalamnya juga terdapat malam yang memiliki nilai lebih baik dari pada seribu bulan, Lailatul Qadr (QS. Al Qadar:3). Selama Bulan Ramadhan, seluruh umat Muslimin di dunia menjalankan perintah puasa, sebagai wujud rasa syukur kepada Allah, atas segala rahmat yang telah diberikan-Nya pada mereka.

Dalam Surat Al-Baqarah, Allah menyatakan perihal Bulan Ramadhan sebagai berikut:

Bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Karena itu, barang siapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu, dan barang siapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajib baginya berpusa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu dan tidak menghendaki kesukaran bagimu. Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya dan hendaklah kamu mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur. (QS. Al Baqarah [2]: 185)

Menunaikan kewajiban berpuasa untuk mencapai ridha Allah adalah suatu bukti keimanan yang kuat, kesucian jiwa, keikhlashan hati, dan rasa takut kepada Allah. Puasa adalah suatu bentuk penyembahan khusus antara hamba dan Allah sebagai Tuhannya, karena hanya Allah yang mengetahui 'azam/niat seseorang, keikhlashan, kemurnian dan perhatiannya atas amalan yang halal dan yang haram, termasuk ketika seseorang menunaikan kewajiban ini. Tak seorangpun mengetahui apakah seseorang berpuasa untuk memberi kesan kepada orang-orang sekitarnya ataukah untuk maksud lain di luar tujuan suci yang utama. Orang yang berpuasa diberi imbalan sebagai amalan sesuai dengan apa yang ada dalam pandangan Allah.

Rasulullah memberi berita yang menggembirakan kepada umatnya dalam sebuah hadits: Sungguh! kebahagiaanlah bagi orang-orang yang melalui bulan (Ramadhan) ini dengan berpuasa, beribadah, dan melakukan amal kebaikan (amal sholeh)!


Dikutip dari Harun Yahya

18 komentar:

  1. Amien .. mbak mudah2-an hari ini lebih baik dari hari kemarin dan besok lebih baik dari hari ini.

    BalasHapus
  2. ga terasa Ramadhan sudah dekat yah? Bulan yang selalu kutunggu....

    Daripada lupa aku mau minta maaf lahir batin atas segala kesalahan baik sengaja ataupun tidak ya mbak. Mari kita sambut ramadhan dg hati yg bersih....InsyaAllah.

    BalasHapus
  3. Maaf lahir batin mbak..

    BalasHapus
  4. met menjelang bulan puasa mba...:)
    ga kerasa bentar lagi puasa,malang gimana munggahan ngapain...:)

    BalasHapus
  5. gak kerasa ya... ramadhan di depan mat... semoga kita diberi kesehatan dan umur yang panjang biar bisa menghadapi ramadhan kali ini... amiin

    BalasHapus
  6. Kalo ramadhan ada yg khas di rumah..KOLAK PISANG..hehe..Mbak,aku minta maaf kalo ada salah..Semoga Ramadhan tahun ini lebih baik dari tahun kemarin..Amiin. :)

    BalasHapus
  7. met puasa deh .. sisain kolaknya ya .. hehehee..

    BalasHapus
  8. Gak kerasa bentar lagi bulan ramadhan, maaf lahir bathin yaaa...

    BalasHapus
  9. harus persiapkan diri matang2 dari sekarang menyambut bulan suci :)

    BalasHapus
  10. Marhaban Ya ramadhan Mba buat mba dan sekeluarga

    BalasHapus
  11. Marhaban ya Ramadhan ya Mbak, semoga di bulan ramadhan nanti kita bs kembali fitrah! Amiin :)

    BalasHapus
  12. wah dah ga sabar nih mba...
    betewe menu buat buka puasa apa mba?
    hehehehe...

    BalasHapus
  13. semoga hamba mu ini dipertemukan kembali dengnramadhan taun ini...

    dan mampu menjalankannya dengan kualitas amal yang lebih baik...

    BalasHapus
  14. numpang mampir..untuk temen2..maaf klo selama ini erwin banyak salah..mohon dimaafkan..khususnya untuk yg punya blog ini..:D

    BalasHapus
  15. ayo.. ayo.. menjelang puasa.. saling memaafkan.. mudah2an ibadah kita bisa lebih baik lagi.. amien..

    BalasHapus